“Doa Kebesaran Hati”


  “Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui;
 Berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!” (Yes 55:6)  

Ada saat-saat penuh tanya dan pergumulan didalam hidup kita. Saat-saat dimana kita tidak tahu harus berkata apa atau harus berkata apa.

Apa yang harus dilakukan dalam situasi seperti ini? Reinhold Niebuhr, seorang pemikir besar menyarankan perkataan doa yang sangat baik jika kita dapat hafalkan.

“Tuhan, beri kami kemampuan untuk menerima penuh kesabaran hal-hal yang tidak bisa berubah, keberanian untuk mengubah hal-hal yang harus berubah, dan kebijaksanaan untuk dapat membedakan satu dengan yang lainnya.”

Kemampuan untuk Menerima
hal-hal yang tidak bisa berubah

Masa lalu yang suram, penuh kegagalan, kesalahan dan kekurangan adalah suatu hal yang tidak bisa berubah. Kematian, keterbatasan,dan kehilangan adalah hal-hal yang menguji kesabaran kita pada masa kini. Mari kita belajar menghadapi semua kenyataan pahit  dengan ketabahan.

Keberanian untuk Mengubah
Hal-hal yang Harus Berubah

Pada masa-masa hidup kita, perlu ada keberanian untuk keluar dari zona nyaman menuju zona ketidaknyamanan. Mungkin keputusan ini diambil pada masa genting, pada masa krisis, atau bisa diambil karena kerinduan untuk bertumbuh mengejar panggilan  hidup kita.

Keberanian untuk memutuskan menghadapi resiko adalah pilihan yang mendewasakan. Tidak ada jaminan sukses memang. Tetapi keberanian untuk memulai adalah keberanian yang dapat mengubah keadaan kita  menjadi lebih baik.

Kebijaksanaan untuk Dapat Membedakan
Satu dengan Yang Lainnya

Kebijaksanaan adalah kemampuan kita memilih,memilah dan menetapkan hal-hal yang harus menjadi prioritas utama dalam hidup ini. Kebijaksanaan adalah ketetapan hati yang kuat oleh karena pengetahuan akan benar-salah, proses pendewasaan melalui pengalaman hidup, dan dapat juga hadir oleh kebersamaan dengan sesama yang lebih dahulu makan asam garam kehidupan.

Renungan

Kombinasi kemampuan, keberanian dan kebijaksanaan adalah kombinasi yang ampuh untuk menghadapi kenyataan kehidupan. Hafalkan, naikkan, dan terapkan  doa ini dengan penuh iman, sehingga kita hidup dalam keselarasan dalam kehidupan ini. (Bertinus Sijabat-Yogyakarta)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "“Doa Kebesaran Hati”"

Posting Komentar