“Lingkungan Mempengaruhi IQ”


“Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.” (1Kor 15:33)
Lingkungan pergaulan kita memiliki pengaruh yang besar terhadap kebiasaan hidup kita sehari-hari. Bahkan bukan hanya kebiasaan kita yang terpengaruh, tetapi juga mempengaruhi tingkat  IQ kita.

Sebuah penelitian, yang diadakan di Kibbutz Irael, berhasil menemukan fakta menarik mengenai pengaruh lingkungan terhadap pertumbuhan IQ. Penelitian ini dilakukan terhadap kelompok anak-anak Yahudi Eropa dan anak Yahudi Timur.

Hasil evaluasi sebelumnya menunjukkan, IQ rata-rata anak-anak Yahudi Eropa  adalah 105. Sementara IQ rata-rata anak Yahudi Timur adalah 85.

Selama empat tahun, kedua kelompok anak Yahudi disekolahkan di Kibbutz Israel. Di sekolah ini, diciptakan suasana sekolah yang membangkitkan motivasi belajar, menekankan pertumbuhan, dan  menciptakan hal-hal yang positif.

Kemudian, setelah empat tahun, dilakukan evaluasi ulang terhadap IQ anak. Hasilnya, IQ anak-anak Yahudi menjadi seimbang, yaitu rata-rata  memiliki IQ 115.

Renungan

Hasil penelitian ini menunjukkan betapa pesan kebenaran Firman Tuhan itu selalu relevan, terbukti keampuhannya, dan selalu dapat diandalkan. Oleh karena itu, mari kita selalu mendaraskan hidup kita pada kebenaran  Firman Tuhan. Apakah kita sudah, sedang, dan selalu selalu berada dilingkungan pergaulan yang baik, benar, dan positif? (Bertinus Sijabat-Yogyakarta)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "“Lingkungan Mempengaruhi IQ”"

Posting Komentar